JSK Vol. 1 No. 3 (2015)

EFEK ANTIMITOSIS EKSTRAK BAWANG DAYAK (Eleutherina americana L. Merr) TERHADAP SEL TELUR BULU BABI (Tripneustes gratilla Linn.)

Ahmad Efendi, Islamudin Ahmad, Arsyik Ibrahim

Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur

email: kakfendi@gmail.com

ABSTRAK

Bawang dayak (Eleutherina americana L. Merr) merupakan salah satu tanaman obat yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional, salah satunya adalah sebagai obat anti kanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui IC50 dari ekstrak n-heksan, etil asetat dan etanol umbi bawang dayak (Eleutherina americana L. Merr) dengan metode penghambatan mitosis zigot bulu babi (Tripneustes gratilla Linn.). Hasil uji aktivitas antimitosis menunjukkan ekstrak n-heksan memiliki nilai IC50 16,03 ppm, sedangkan pada ekstrak etilasetat dan etanol berturut-turut adalah 2,07 ppm dan 4,67 ppm. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etilasetat memiliki aktivitas antimitosis paling kuat dibandingkan dengan ekstrak n-heksan dan etanol.

Kata Kunci: Eleutherina americana L. Merr, Antimitosis, IC50

Download Link PDF.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*